PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA

  • Wahyudin Wahyudin Darussalam Institute for Islamic Studies
  • Sumadi Sumadi Darussalam Institute for Islamic Studies

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak usia dini dalam kemampuan BERbahasa. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam membuat perencanaan sebagai upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini melalui metode bercerita, melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini melalui metode bercerita, serta untuk mengetahui hasil yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini melalui metode bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang diadaptasi dari model Kemmis dan Taggart dengan penelitian sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik Kober Falahurrahman Desa Jatinagara Kecamatan Jatinagara yang berusia 4-6 tahun berjumlah 16 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi kemampuan anak dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran serta teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal anak dalam berbahasa sebelum dilakukan tindakan menunjukkan angka 40%, setelah mendapat perlakuan prosentase meningkat menjadi 57% dan meningkat lagi menjadi 80%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam menigkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita.

References

Arikunto, Suharsimi (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :BumiAksara
Depdikbud. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Depdikbud.
Depdiknas. (2005). Konsep Dasar Pendidikan PraSekolah. Jakarta. Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana, dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Cetakan. 7 Jakarta :Universitas Terbuka.
E. Mulyasa. (2004). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT RemajaRosdakarya.
Gunarti, Winda, dkk. (2010). Metode Pengembangan Perilakudan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Cetakan. 5Jakarta :Universitas Terbuka
Hildayani,Rini. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta. Universitas Terbuka
Kunandar (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Raja GrapindoPersada, Jakarta.
Moleong, J. Lexy . 2001. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Rosda.
Samsudin (2007). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta :Prenada Media Group.
Suratno (2005). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta:DepdiknasSuyatno. 2005. Permainan Pendukung Bahasa&Sastra. Jakarta : PT Grasindo
Undang-undang No 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : CV. MITRA KARYA.
Wiraatmadja, Rochiati. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Program Pasca Sarjana UPI dengan Remaja Rosdakarya, Bandung.
Published
2018-05-17
How to Cite
WAHYUDIN, Wahyudin; SUMADI, Sumadi. PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA. Tarbiyat al-Aulad : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, [S.l.], v. 2, n. 2, may 2018. ISSN 2549-4651. Available at: <http://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/118>. Date accessed: 06 dec. 2019.
Section
Articles