IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QURAN DI SMP TERPADU AL MU’AAWANAH KECAMATAN RAJADESA KABUPATEN CIAMIS

  • AEP SAEPUDIN Institut Agama Islam Darussalam Ciamis
  • SAFRUROH SAFRUROH Institut Agama Islam Darussalam Ciamis
  • TANTO ALJUHARIE TANTOOWIE Institut Agama Islam Darussalam Ciamis

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Terpadu (SMPT) Al Mu’aawanah Rajadesa Ciamis merupakan lembaga pendidikan menengah yang menyelenggarakan program pendidikan selama tiga tahun berdasarkan kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum Islami secara terpadu, dan memiliki program unggulan dalam rangka meningkatkan kecintaan peserta didik pada ajaran agama terutama pada Alquran yakni dengan adanya pembelajaran tahfidz Alquran. Program pembelajaran tahfidz Alquran merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka menjaga kemutawatiran Alquran dan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Secara keseluruhan peserta didik dapat menghafal Alquran sesuai dengan yang ditentukan dan ditargetkan oleh lembaga atau sekolah. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang implementasi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Bertolak dari hal di atas, dirumuskan empat masalah pokok penelitian, yaitu: 1) Apakah tujuan pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa?; 2) Bagaimana metode pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa?; 3) Apakah materi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa?; dan 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tujuan pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa; 2) Untuk mengetahui metode pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa; 3) Untuk mengetahui materi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa; dan 4) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa. Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah Rajadesa, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tujuan pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah yaitu agar peserta didik mampu menghafal Alquran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid, hafal minimal 6 juz Alquran selama pendidikan, dan lebih mencintai Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari; 2) Metode pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah yaitu dengan menggunakan metode bin nazhar,  metode talaqqi, metode takrir, dan dengan membaca terjemahnya terlebih dahulu sebelum dihafal; 3) Materi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah yaitu menghafal 6 juz pilihan, kelas VII menghafal juz 30 dan juz 1, kelas VIII menghafal juz 2 dan juz 3, dan kelas IX menghafal juz 4 dan juz 5; 4) Evaluasi pembelajaran tahfidz Alquran di SMP Terpadu Al Mu’aawanah dilakukan secara berjenjang dan terencana. Adapun evaluasi yang dilakukan yaitu: evaluasi pekanan, evaluasi semester, dan evaluasi akhir tahfidz.

References

ISTIANAH, Aan; HUSNI, Husni. Efektifitas Model Pembelajaran Otentik (Autentic Learning) dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Kawali Kabupaten Ciamis. Tsamrah al-Fikri | Asosiasi Mahasiswa Program Pascasarjana IAID, [S.l.], v. 11, n. 2, jan. 2018. ISSN 2086-5546. Available at:
Abidin, Zainal. (1992). Seluk Beluk Alquran. Jakarta: Rineka Cipta.
Aminuddin, et.al. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Anonimous. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Atkinson, Rita L, et.al. (1997). Pengantar Psikologi, alih bahasa Nur Jannah Taufiq dan Rukmini Barhan, jilid I. Jakarta: Erlangga.
Baduwailan, Ahmad. (2016). Menjadi Hafidz, Tips dan Motivasi menghafal Alquran. Solo: Aqwam Media Profetika.
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Harun, Nasrun. (1996). Ushul Fiqh. Jakarta: Logos.
Hermawan, Acep. (2011). ‘Ulumul Qur’an. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hisyam, Firdaus & Hariyono, Rudi. (2006). Kamus Lengkap 3 Bahasa, Arab Indonesia Inggris. Surabaya: Gita Media Press.
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nawawi, Muhyiddin Abu Zakaria. (2000). Riyadusshalihin. Surabaya: Daarun Nasyar.
Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Qaththan, Manna Al-. (2006). Pengantar Studi Ilmu Alquran, alih bahasa Aunur Rafiq El Mazni. Jakarta Timur: Pustaka Al Kautsar.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjau Kritis. Jawa Barat: Nusa Media.
Rauf, Abdul Aziz Abdul. (2015). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. Jakarta: Markaz Alquran.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Abad 21). Bandung: Alfabeta.
Rusyd, Raisya Maula Ibnu. (2015). Panduan Tahsin, Tajwid, dan Tahfidz untuk Pemula. Yogyakarta: Saufa.
Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Shaleh, Abdul Rachman. (2004). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa Visi, Misi dan Aksi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. (2015). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Yasin, Arham bin Ahmad. (2016). Agar Sehafal Al-Fatihah. Bogor: Hilal Media Group.
Zaini, Syahminan. (1986). Prinsip-Prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Published
2018-10-19
How to Cite
SAEPUDIN, AEP; SAFRUROH, SAFRUROH; TANTOOWIE, TANTO ALJUHARIE. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QURAN DI SMP TERPADU AL MU’AAWANAH KECAMATAN RAJADESA KABUPATEN CIAMIS. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, [S.l.], v. 15, n. 2, oct. 2018. ISSN 1907-1337. Available at: <http://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/257>. Date accessed: 22 nov. 2019.