UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 2 KARANGPARI RANCAH CIAMIS MELALUI MODEL TALKING CHIPS PADA MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN PERILAKU TERPUJI

  • Popi Oktaviany Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat
  • H.Hasan Bisri
  • Mumu Ma'sum

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang dari nilai KKM yang telah ditentukan, hasil tersebut terbukti dari hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Karangpari yang diperoleh dari data awal sebelum tindakan dilakukan. Adapun permasalahan lain yang ditemukan adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta kurangnya perencanaan dan persiapan pendidik dalam sebuah pembelajaran. Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaranTalking Chips. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Setelah melakukan penelitian, hasil yang diperoleh dalam peningkatan hasil belajar siswa pada siklus pertama yaitu diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 62,8 dengan presentasi ketuntasan mencapai 20%,padasikluskeduadiperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 73,0 dengan presentasi ketuntasan mencapai 60% danpadasiklusketigadiperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 84,6 dengan presentasi ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian, model pembelajaranTalking Chipsdapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).Rineka Cipta, Jakarta.
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. (2005). SBM (Strategi Belajar Mengajar).CV Pustaka Setia, Bandung
Musfikon. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Prestasi Pustakaria, Bandung.
Quthb, Muhammad. (2000). Sistem Pendidikan Islam. PT. Al Ma’arif, Bandung.
Sadulloh, U dan Robandi. (2010). Pedagogik. Alfabeta, Bandung
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang empengaruhinya, PT. Bina Aksara, Jakarta
Published
2017-03-31
How to Cite
OKTAVIANY, Popi; BISRI, H.Hasan; MA'SUM, Mumu. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 2 KARANGPARI RANCAH CIAMIS MELALUI MODEL TALKING CHIPS PADA MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN PERILAKU TERPUJI. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, [S.l.], v. 14, n. 1, mar. 2017. ISSN 2807-6532. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/55>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles