TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ANTARA BERBELANJA DI ONLINE SHOP DENGAN OFFLINE SHOP DI KAMPUS INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS

  • Tazkiyah Ainul Qolbi Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat
  • Rini Febriani Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat
  • Agus Muslim Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja di online shop dan offline shop. Serta, untuk mengetahui adakah perbedaan kepuasan dalam berbelanja diantara keduanya di kalangan mahasiswa/i Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Darussalam Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan statistik. Untuk menyelesaikan penelitian ini, peneliti menggunakan metode statistik komparatif yaitu dengan menggunakan metode uji beda Independent T-Test yang bertujuan untuk menemukan perbedaan dari kepuasan konsumen dalam berbelanja antara online shop dengan offline shop. Berkaitan dengan pengujian hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan kepuasan berbelanja antara online shop dengan offline shop, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifikan sebesar 0.000<0.05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat perbedaan kepuasan konsumen dalam berbelanja pada online shop dengan offline shop di kalangan mahasiswa Fakultas Syari’ah Agama Islam Darussalam ciamis. Rata-rata mahasiswa/i yang tidak gemar berbelanja pada online shop, dikarenakan alasan kurang puas saat berbelanja pada online shop dan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan yang tertera pada gambar di online shop yang dipilih. Biasanya, hal ini terjadi pada online shop yang bersifat individual di media sosial (bukan dalam situs terpercaya) dan brand produk yang belum terkenal. Namun, hasil penelitian menemukan beberapa responden yang pernah berbelanja pada online shop yang kredibel dan mera sakan puas karena sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan pada offline shop, rata-rata mahasiswa/i merasa lebih puas karena pada offline shop, konsumen dapat melihat langsung kualitas produk dan mencoba produk yang akan dibeli tersebut.

Published
2018-09-09
How to Cite
QOLBI, Tazkiyah Ainul; FEBRIANI, Rini; MUSLIM, Agus. TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ANTARA BERBELANJA DI ONLINE SHOP DENGAN OFFLINE SHOP DI KAMPUS INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS. Syari'ah Economics, [S.l.], v. 1, n. 1, sep. 2018. ISSN 2615-7160. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/SE/article/view/200>. Date accessed: 25 jan. 2022.