TRANSFORMASI MASYARAKAT TRADISIONAL MENUJU MASYARAKAT MODERN DALAM ISTRI UNTUK PUTRAKU KARYA ALI GHALEM: KAJIAN SOSIOLOGI-HEGEMONI

  • ELIS SITI JULAIHAH Darussalam Institute for Islamic Studies (IAID), Ciamis, Jawa Barat, INDONESIA

Abstract

Istri Untuk Putraku merupakan potret masyarakat pada masa pascakolonial bangsa Prancis terhadap Aljazair. Novel ini menggambarkan dominasi tradisi yang sangat kuat terhadap masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Pengarang menyampaikan ide-ide cemerlang, melalui para tokoh yang ditampilkan untuk melakukan perubahan terhadap tradisi yang membatasi gerak masyarakat menuju kehidupan yang lebih modern. Kolonialisme bangsa Prancis telah menghegemoni masyarakat Aljazair sehingga masyarakat Aljazair tidak bisa terlepas sama sekali dari pengaruh Prancis. Hegemoni yang terjadi inilah membuat Aljazair bergerak, berkembang, menuju masyarakat yang lebih modern dibanding sebelumnya. Melalui novel IUP kita dapat mengetahui bahwa telah terjadi perubahan di berbagai bidang kehidupan pascakemerdekaan Aljazair. Hal ini terkait dengan perubahan pemikiran generasi penerus bangsa untuk menjadikan negara mereka lebih baik dari sebelumnya. Ide-ide transformasi yang ditawarkan Ali Ghalem dalam IUP mencakup bidang pendidikan, sosial budaya, dan agama/ religiusitas masyarakat Aljazair.

Published
2018-10-18
How to Cite
JULAIHAH, ELIS SITI. TRANSFORMASI MASYARAKAT TRADISIONAL MENUJU MASYARAKAT MODERN DALAM ISTRI UNTUK PUTRAKU KARYA ALI GHALEM: KAJIAN SOSIOLOGI-HEGEMONI. Tsamrah al-Fikri | Asosiasi Mahasiswa Program Pascasarjana IAID, [S.l.], v. 12, n. 2, oct. 2018. ISSN 2086-5546. Available at: <http://riset-iaid.net/index.php/TF/article/view/246>. Date accessed: 18 nov. 2019.