NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-‘ASHR AYAT 1-3 MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI

  • Sofia Ratna Awalaiyah Fitri Darussalam Institute for Islamic Studies
  • Tanto Aljauharie Tantowie Darussalam Institute for Islamic Studies

Abstract

Ahmad Musthafa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi menjelaskan bahwa untuk memahami hakikat dari nilai pendidikan kedisiplinan antara lain  seperti yang telah dideskripsikan Allah dalam Q.S Al-’Ashr ayat 1-3, yang menjelaskn bahwa Allah telah bersumpah atas nama waktu, celakalah bagi manusia yang menyia-nyiakan waktu untuk hal kurang bermanfaat, kecuali orang yang memiliki keiman, selalu beramal soleh saling berwaiat terahdap kebenaran dan kesabaran. Metode yang digunakan adalah metode content analysis, karena penelitian ini bersipat normatif dan berkaitan dengan teks, yakni mengenai interprestasi Ahmad musthofa Al-Maraghi terhadap Q.S Al-’Ashr ayat 1-3 dalam tafsir Al-Maraghi. Teknik pengumpulan data yang di pergunakan adalah studi kepustakaan. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut:  1) Tafsir Al-Qur’an surat Al-’Ashr ayat 1-3 menurut tafsir Al-Maraghi adalah sebagai berikut: a) Ayat 1 surat Al-’Ashr berisi pentingnya (makna) waktu dalam kehidupan manusia. b) Ayat 2 berisi manusia dalam keadaan merugi, kecuali orang yang Allah kecualikan. c) Pada ayat 3 menjelaskan 3 cara yang harus dilakukan agar tidak termasuk orang yang rugi, yaitu: Beriman dan beramal soleh,Saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. 2) Nilai-nilai pendidikan kedisiplinan dalam Q.S Al-’Ashr ayat 1-3 menurut tafsir Al-Maraghi adalah sebagai berikut: a) Disiplin adalah suatu keimanan yang kuat, yang menimbulkan dorongan untuk adanya niat memanfaatkan waktu. b) nilai kedisiplinan membuat seseorang mempunyai planing masa depan yang akan ditempuh, supaya memiliki tujuan jelas dan terarah. c) Prinsip disiplin dengan pemanfaatan waktu seefektif dan seefisien mungkin meminimalisir waktu tidak berguna yang menimbulkan penyesalan di kemudian hari. d) Apabila tertanam sifat disiplin akan menanamkan kedisiplinan kepada orang lain dengan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. 3) Implikasi nilai-nilai pendidikan kedisiplinan dalam Q.S Al-’Ashr Ayat 1-3 adalah sebagai berikut: a) Niat disiplin akan timbul keikhlasan, ketenangan, dan kenyamanan. b) Membuat planing maka hidup akan jelas dan terarah dan adanya persiapan. c) Disiplin yang terjaga akan memiliki ketegasan dan kesuksesan. d) Menanamkan disiplin kepada orang lain maka akan meluasnya kedinamisan sifat memanfaatkan waktunya, akan banyak saudara sepemikiran dan keyakinan kuat dalam upaya melatih dirinya berbuat kebaikan, dan akan muncul menjadi suatu gerakan yang berupaya mengembalikan identitas diri  manusia sebagai makhluk yang paling mulia dimuka bumi.

References

Bahri, Syamsul. (2008). Tanggung Jawab,Disiplin, Jujur itu Keren (Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SMP/MTS). Jakarta: KPK Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.
Dewan Redaksi IAIN Syarif Hidayatullah. (199). Ensiklopedi islam indonesia. Djambatan. Jakarta.
Edien. (1970). Modul 1-6 Materi Pokok Agama Islam. Hima. Ciamis
Efferin Sujoko, Soeherman Bonie. (2010). Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Fauzan. (2008). Islam dan Kemoderenan Politik Berbasis Pemuda. Binamuda. Depok.
LPP IAID, (2001). Panduan penyusunan Skripsi di Lingkungan Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat
Mudyahardja Redja. (2002). Pengantar Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Bandung.
Mulyana, Rohmat. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. CV Alfabeta. Bandung
Mustofa Al Maraghi, Ahmad. (1985). Terjemahan Tafsir Al-Maraghi. CV Toha Putra, Semsarang.
Nurjanah. (2010). Pisikologi Umum.Institut Agma Islam Darussalm. Ciamis
Quraish Shihab, Muhammad. (1996). Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. PT Mizan Pustaka, Bandung.
Soetopo Hendayat. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran. UMM Pres, Malang
Suryabrata, Sumadi. (2004). Metodologi Penelitian. PT Raja Grapindo Prsada, Jakarta.
Tirtaraharja Umar, L. La Sulo S. (2005). Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Published
2018-05-16
How to Cite
FITRI, Sofia Ratna Awalaiyah; TANTOWIE, Tanto Aljauharie. NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-‘ASHR AYAT 1-3 MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, [S.l.], v. 2, n. 1, may 2018. ISSN 2807-7636. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/109>. Date accessed: 25 jan. 2022.
Section
Articles