KONSEP PROFESIONALISME GURU MENURUT ALQURAN SURAT AL-BAQARAH AYAT 247 (Studi Analisis terhadap Tafsir Ibnu Katsir)

  • Nia Nuraida Darussalam Institute for Islamic Studies
  • Lilis Nurteti Darussalam Institute for Islamic Studies

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru bagi pendidikan. Baik buruknya pendidikan tergantung bagaimana seorang guru bisa memanifestasikan dan mengaplikasikan sumbangsihnya ke dalam lembaga formal maupun nonformal. Pada kenyataannya, profesi guru pada saat ini masih banyak dibicarakan orang, atau masih saja dipertanyakan orang, baik di kalangan para pakar pendidikan maupun di luar pakar pendidikan.. Hal ini sangat menarik penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang konsep yang harus dimiliki oleh guru sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode content analysis, karena penelitian ini menganalisis interpretasi Ismail bin Katsir terhadap Alquran surat al-Baqarah ayat 247 dalam tafsir Ibnu Katsir. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Data-data yang terkumpul lalu dianalisis dengan pemprosesan satuan, kategorisasi, dan penafsiran data. Hasil dari penelitian tentang konsep profesionalisme guru menurut Alquran surat al-Baqarah ayat 247 dalam tafsir Ibnu Katsir adalah sebagai berikut: a)  seorang guru harus kuat secara fisik, sehingga mampu mengajar peserta didik dengan sempurna; b) seorang guru harus benar-benar berpengetahuan luas, kuat dalam mengkaji, dan memiliki pemahaman mendalam; c) seorang guru harus meningkatkan dalam menjaga kesehatan tubuhnya, seorang guru harus mengembangkan kemampuan dan keterampilan fisiknya menuju pada pencapaian tubuh yang kuat atau fit; d) seorang guru harus bertakwa kepada Allah. Supaya dapat menumbuhkan karakter rendah hati dan optimistik. Kesimpulannya adalah seorang guru itu hendaklah memiliki sifat-sifat sebagai berikut: a) Kekuatan fisik; b) Ilmu pengetahuan yang luas; c) Kesehatan jasmani dan rohani; d) Bertakwa kepada Allah.

References

Alma, Buchari. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Al-Jawi, Nawawi. (2011). Tafsir Al-Munir. Bandung: Sinar Baru Algensindo
-------------, (2009). Alquran dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama RI
Ghoffar Abdul. Terj. (2003). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’i
Joni, Raka. (1980). Pengelolaan Kelas, P3G Jakarta: Depdikbud.
Katsir, Ibn. (1990). Al-bidayah Wa Al-Nihayah. Beirut: Dar Al-Fikr
Mandaru, M.Z. (2005). Guru kencing berdiri murid kencing berlari. Jogjakarta: AR-RUZZ
Martinis, Yamin. (2006). Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya
Shihab, Quraish. (2005). Wawasan Alquran. Bandung: PT Mizan Pustaka
Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujanto, Bedjo. (2009). Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Depok: Raih Asa Sukses
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman. (2006). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akasara
Published
2018-05-15
How to Cite
NURAIDA, Nia; NURTETI, Lilis. KONSEP PROFESIONALISME GURU MENURUT ALQURAN SURAT AL-BAQARAH AYAT 247 (Studi Analisis terhadap Tafsir Ibnu Katsir). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2018. ISSN 2807-7636. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/99>. Date accessed: 25 jan. 2022.
Section
Articles