UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK DALAM PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD Nurul Huda Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis)

  • Iis Ukisah Darussalam Institute for Islamic Studies
  • Soni Samsu Rizal Darussalam Institute for Islamic Studies
  • Saepul Millah Darussalam Institute for Islamic Studies

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang upaya meningkatkan kognitif anak dalam pengenalan lambang bilangan melalui media kartu angka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model John Elliot. Ada empat tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu; Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil terhadap penyusunan RPPH pada siklus I dengan rata-rata 69,16. Pada siklus II mendapatkan rata-rata 74, dan pada siklus ke III mendapatkan rata-rata 82,16. Jadi secara keseluruhan penyusunan RPPH pada siklus I,II dan III meningkat. Hasil terhadap proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 68,7.  Pada siklus II mendapatkan rata-rata 73,9, dan pada siklus ke III mendapatkan rata-rata 81,2. Berdasarkan hasil penilaian peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka maka dapat diketahui pada siklus I diperoleh rata-rata nilai kelas 67,81. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kelas 71,12. Pada siklus III diperoleh rata-rata nilai kelas 80,62, maka secara keseluruhan tuntas.

References

A.S. Sudirman R. Raharjo dan Amung H.(2001). Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Aisyah Siti. Dkk (2010). Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anita Yus. (2005). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan.
Arif S, Sadiman,dkk(2003). Media pendidikan : Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Arikunto, S.dkk (2006). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani.(2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Darsinah. (2011). Perkembangan Kognitif. Surakarta: PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Hartati Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Hikayat Publishing
Izzaty, Rita Eka, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY
M Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Diva Press.
Musbikin , Imam. (2010). Buku Pintar PAUD.dalam perspektif Islami. Yogyakarta: LaksanaPersada Press.
Rahardi, A. dkk (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: DepdiknasPembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan .
Sudaryanti (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryanto, Slamet (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yudha M Saputra dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: DepdiknasTenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Yusuf, Syamsu & Juntika Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zaman, B., Hernawan, A.H. dan Eliyawati, C. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Published
2018-05-23
How to Cite
UKISAH, Iis; RIZAL, Soni Samsu; MILLAH, Saepul. UPAYA MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK DALAM PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD Nurul Huda Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis). Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, [S.l.], v. 15, n. 1, may 2018. ISSN 1907-1337. Available at: <http://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/145>. Date accessed: 06 dec. 2019.
Section
Articles