Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Melalui Penggunaan Media Wayang Kartun dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Opik Taufiq Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat
  • Lilis Nurteti

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah Rijalul Hikam adalah Bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini di antaranya mempelajari tentang keterampilan menyimak yang kemudian dihususkan dengan menyimak dongeng. Siswa diharapkan mampu memahami semua materi tersebut dengan baik. Namun kenyataannya di kelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara Kecamatan jatinagara Kabupaten Ciamis pembelajaran Bahasa Indonesia masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa indonesia hususnya menyimak. Motivasi sangat berpengaruh dalam pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Permasalahan ini disebabkan oleh media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga motivasi siswa untuk belajar masih rendah. Salah satu media pembelajaran yang bisa menjadi alternatif adalah media pembelajaran wayang kartun.Permasalahan yang muncul adalah: Bagaimana peningkatan keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media wayang kartun dikelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara? Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dikelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penggunaan media wayang kartun. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sudah lazim digunakan dengan empat tahapan yang dilalui, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah dilakukan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa dikelas 2 MI YPI Rijalul Hikam Jatinagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 78,5, siklus II 85 dan siklus III mencapai 99. Setelah menggunakan media wayang kartun ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Akhadiah Sabarti, dkk. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelan. PT Bumi
Aksara,Cetakan kelima, Jakarta.
Arsyad, Azhar, 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ensiklopedi Americana, (dalam www.wawansplayground.com diunduh tanggal 20 agustus 2015 pukul 21:00).
Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar.2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nenden. (2008). Kiat Membuat Anak Gemar Membaca. Surabaya: CV Al
Maktabah.
Ngadino, Y. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran. Surakarta: Pendidikan Profesi Guru FKIP UNS.
Sardiman, (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Soeparno. 1998. Media Pengajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
W. J. S. Darminta, 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2017-01-22
How to Cite
TAUFIQ, Opik; NURTETI, Lilis. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Melalui Penggunaan Media Wayang Kartun dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, [S.l.], v. 13, n. 2, jan. 2017. ISSN 2807-6532. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/41>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles