PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS III MI AL-FADLILIYAH DARUSSALAM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN BILANGAN BULAT

  • Adenia Putri Hendrayanti Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat
  • Husni Thoyyar
  • Fadlilah Aisah Aminy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III MI Al-Fadliliyah Darussalam pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan operasi perkalian bilangan bulat. Sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik, peneliti menggunakan alat peraga batang napier.         Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik tes dan analisis deskriptif. Setelah dilakukan penelitian, penggunaan alat peraga batang napier pada pembelajaran Matematika pokok bahasan operasi perkalian bilangan bulat di MI Al-Fadliliyah Darussalam dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I nilai terendah siswa adalah 40 dan nilai tertinggi siswa adalah 90. Pada siklus II nilai terendah  siswa adalah 70 dan nilai tertinggi siswa adalah 100. Serta ketuntasan hasil kemampuan berhitung untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada siklus I ketuntasan belajar peserta didik adalah 70,29% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,00%.

References

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta.
Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Depdiknas, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Cetakan ke-2, Jakarta.
Purwanto, Ngalim. (2008). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Supriyadi, Dede. (2011). Rahasia Berhitung Cepat dan Mudah Metode Batang Napier. Prestise Publishing, Cetakan Ke-1, Bandung.
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. PT. RajaGrafindo Persada, Cetakan Ke-9, Jakarta.
http://m.kompasiana.com/apriyanti.arifin/dengan-batang-napier-perkalian-menjadi-mudah_5530023d6ea8348a078b4569
Published
2017-03-31
How to Cite
HENDRAYANTI, Adenia Putri; THOYYAR, Husni; AMINY, Fadlilah Aisah. PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS III MI AL-FADLILIYAH DARUSSALAM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI PERKALIAN BILANGAN BULAT. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, [S.l.], v. 14, n. 1, mar. 2017. ISSN 2807-6532. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/54>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles