Metode Gramatika Terjemah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

  • Teti Fitriani Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat
  • Tanto Aljauhari Tantowie

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab yang berlangsung di MIS Ciharalang belum mencapai tujuan yang diharapkan, karena masih terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam menerjemahkan bahasa Arab. Perolehan nilai rata-rata kelas hanya mencapai angka 50 yang seharusnya mencapai angka 60 sehingga hanya beberapa peserta didik yang mencapai KKM pada mata pelajaran bahasa Arab. Dengan keadaan tersebut maka dilakukanlah sebuah penelitian dengan menawarkan sebuah solusi yakni pembelajaran menggunakan metode Gramatika Terjemahdalam proses belajar mengajar, dimana metode ini merupakan sebuah metode yang membantu peserta didik agar pandai dalam menerjemahkan, menghafal dan memahami tata bahasa. Masalah yang diteliti yaitu Bagaimanakah penyusunan RPP pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VI MIS Ciharalang dengan menggunakan metode Gramatika Terjemah? dan bagaimana pelaksanaannya. Serta bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan Al-A’malul Yaumiah setelah menggunakan metode Gramatika Terjemah di kelas VI MIS Ciharalang? Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model penelitian Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Setelah melakukan analisis data, penulis memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penyusunan RPP bahasa Arab pokok bahasan Al-A’malul Yaumiahdengan menggunakan metode Gramatika Terjemah di kelas VI MIS Ciharalang tergolong baik, hasil ini berdasarkan penilaian observer. Hasil RPP pada pembelajaran siklus I baru mencapai skor rata-rata 81,03, siklus II mencapai rerata 83,2 dan siklus III mencapaiskor rata-rata 85,2. 2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab pokok bahasan Al-A’malul Yaumiahdengan menggunakan metode Gramatika Terjemah di kelas VI MIS Ciharalang dikatakan berhasil. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I skor rata-rata sebesar 76,38meningkat menjadi 83,82pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III 90,25. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab pokok bahasan Al-A’malul Yaumiahdengan menggunakan metode Gramatika Terjemah di kelas VI MIS Ciharalang dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil post tes peserta didik, nilai rata-rata 55,37 pada siklus I menjadi 69,07 pada siklus II dan meningkat menjadi 81,48 pada siklus III.

References

Ahmadi, Abu, et all. (2004). Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Alwasilah,Chaidar. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Angkowo, Robertus dan Kosasih, A. (2007). Optimasi Media Pembelajaran Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar, dan Kepribadian. PT Grasindo: Jakarta.
Arikunto, dkk.(2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Departemen Agama. (1994). Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran Bahasa Arab. Dirjen Binbaga Islam: Jakarta.
Effendy, Ahmad Fuad. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Izzan, Ahmad. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora: Bandung.
Makruf, Imam. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif Bahasa Arab. Need’s Press: Semarang.
Nuha, Ulin. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. DIVA Press: Yogyakarta.
Purwanto, Andi. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. DIVA Press: Yogyakarta.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Semesta: Jakarta.
Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.
Published
2017-01-22
How to Cite
FITRIANI, Teti; TANTOWIE, Tanto Aljauhari. Metode Gramatika Terjemah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, [S.l.], v. 13, n. 2, jan. 2017. ISSN 2807-6532. Available at: <https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/40>. Date accessed: 25 jan. 2022.
Section
Articles